Student Inbond Mahasiswa Universiti Teknologi MARA (UiTM) Malaysia di Prodi TLM Fakultas Vokasi Unair

Setelah melakukan kunjungan ke UiTM Cawangan Pulau Pinang pada bulan Januari 2024 lalu, delegasi UiTM melakukan kunjungan balasan ke prodi Teknologi Laboratorium Medik tanggal 26 Febuari-1 Maret 2024. Kunjungan ini menandai kerjasama erat telah terjalin di antara Fakulti Sains Kesehatan (FSK) dan Fakultas Vokasi terutama pada prodi Teknologi Labratorium Medik. Kunjungan delegasi UiTM di prodi TLM ini merupakan rangkaian kunjungan FSK UiTM di Universitas Airlangga yang diawali dengan mengikuti kegiatan International Conference on Health Administration and Policy di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Airlangga dan dilanjutkan dengan mengikuti kegiatan perkuliahan di prodi-prodi yang ada di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Satu staff pengajar dan dua mahasiswa dari program Fisioterapi dan Occupational Therapy mengikuti kegiatan perkuliahn dan pengabdian masyarakat. Sementara satu mahasiswa program Medical Laboratoy Technoogy (MLT), dan satu mahasiswa program Environmental Health, satu mahasiswa program Nursing mengikuti kegiatan perkuliahan pada prodi Teknologi Laboratorium Medik, Kesehatan dan Keselamatan Kerja serta prodi Keperawatan.

Meskipun terdapat sedikit perbedaan kurikulum prodi Teknologi Laboratorium Medik yang ada di UNAIR dan UiTM tetapi mahasiswa MLT UiTM dapat mengikuti perkuliahan yang ada di UNAIR. Selama berada di UNAIR, mahasiswa MLT ini mengikuti praktikum Flebotomi dan pengelolaan spesimen, Urinalisis dan cairan tubuh, serta Bakteriologi klinik lanjutan. Sedangkan perkuliahan yang diikuti antara lain Ilmu kesehatan masyarakat dan Virologi, yang mana kedua mata kuliah ini tidak didapatkan pada pembelajaran MLT di UiTM. Pembelajaran virologi di UiTM merupakan bagian dari mata kuliah parasitologi dan hanya diajarkan selama 1 semester. Perbedaan lainnya adalah dari tingkat pendidikan MLT di Malaysia yang hanya ditawarkan di program tiga tahun diploma sedangkan di Indonesia pembelajaran TLM ditawarkan pada tiga tahun diploma dan empat taun program sarjana terapan. Selain mengikuti perkuliahan dan praktikum di prodi TLM, mahasiswa UiTM ini juga berkesempatan untuk mengunjungi fasilitas lab penelitian penyakit infeksius (Institute of Tropical Disease) yang dimiliki oleh Universitas Airlangga bersama dosen dan mahasiswa prodi TLM UNAIR.

Mahasiswa & staff UiTM bersama Kaprodi TLM berkunjung ke ITD

Terlepas dari perbedaan yang dimiliki, kedatangan mahasiswa MLT UiTM ini dapat memberikan pengalaman berharga bagi mahasiswa TLM UNAIR dikarenakan mahasiswa dapat bertukar pengalaman dengan mahasiswa prodi sejenis dari negara lain. Bagi mahasiswa UiTM sendiri berkunjung di prodi TLM UNAIR dapat memberikan sedikit gambaran bagaimana proes pembelajaran prodi TLM di Indonesia. “Mahasiswa dan dosen yang ada di prodi TLM ini ramah’’, ujar Azri perwakilan mahasiswa MLT UiTM. Semoga ke depannya semakin banyak mahasiswa prodi MLT dari universitas lain baik dalam ataupun luar negri yang bisa bersama-sama mengikuti pmbelajaran di prodi TLM UNAIR. (AA)

Dinner dan Farewell mahasiswa UiTM bersama Kadep dan dosen Departemen Kesehatan Fakultas Vokasi