METHANOL 2017 (Medical Laboratory Technologist Olympiad)


Methanol (Medical Laboratory Technologist Olympiad) adalah olimpiade laboratorium medis untuk siswa/siswi SMA/SMK/MA sederajat se-Jawa Timur yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Analis Medis Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Olimpiade ini diselenggarakan rutin setiap tahun dan dikemas dengan tema yang berbeda-beda. Untuk tahun 2017 diselenggarakan pada tanggal 7 Mei 2017 yang berlokasi di Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Kampus A) dengan tema “How To Be Medical Analyst”. Methanol 2017 juga mempunyai jargon yang seru, yaitu “Proud To Be Analyst” yang semakin melengkapi keseruan olimpiade ini. Satu lagi kejutan baru yang disuguhkan untuk para peserta, Methanol 2017 mempunyai maskot yaitu Prof. Meth. Tujuan diadakannya olimpiade ini juga beragam tentunya, yang utama adalah untuk mengenalkan program studi Analis Medis kepada pesserta agar adik-adik sekalian tahu bahwasanya tenaga medis bukan hanya dokter, bidan, dan juga perawat, untuk branding Fakultas Vokasi Unversitas Airlangga yang baru berusia 3 tahun ini, dan juga untuk menunjukkan kontribusi HIMA Analis Medis sebagai salah satu prodi di Departemen Kesehatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Tidak hanya menguntungkan bagi pihak panitia, Fakultas Vokasi, dan Univrsitas Airlangga, olimpiade ini tentunya juga menguntungkan bagi para peserta karena mereka lebih mengenal dunia perkuliahan dan para peserta pun mendapatkan sertifikat.

Peserta yang mengikuti Methanol pada tahun 2017 sejumlah 127 tim (per tim 3 orang). Dapat dibayangkan betapa ramainya, asiknya, dan serunya karena para peserta tidak hanya berasal dari kota Surabaya melainkan juga berasal dari kota-kota yang ada di provinsi Jawa Timur seperti Lamongan, Gresik, Sidoarjo, Mojokerto, dan masih banyak lagi. Olimpiade ini seperti olimpiade pada umumnya yang sistemnya dibagi menjadi 3 babak. Babak pertama yaitu, Can You Survive. Seluruh tim yang berjumlah 127 tim mengerjakan 100 soal dengan waktu 100 menit. Soal-soalnya dibagi menjadi 2 jenis yaitu, soal mata pelajaran IPA yang setara dengan anak SMA/SMK/MA dan soal yang berkaitan dengan Analis Medis. Babak kedua adalah Let’s Diagnose. Tim yang awalnya berjumlah 127 tim setelah babak pertama, gugur, dan tersisa 15 tim. Pada babak ini yang dilakukan adalah lomba praktikum laboratorium seperti mengamati spesimen di bawah mikroskop dan lain sebagainya. 15 tim yang ada di babak dua kembali diseleksi dan tersisa 3 tim untuk final perebutan juara di babak tiga. Babak ketiga adalah How Fast You Are alias Cerdas Cermat yang diuji oleh juri dosen dari Analis Medis Sendiri.Tidak hanya babak penyisihan, Methanol 2017 juga dibumbuhi dengan serangkaian acara seperti sambutan oleh Dekan Fakultas Vokasi sebagai pembukaan acara ethanol 2017, sambutan dari Ketua BEM Fakultas Vokasi, dan tidak lupa dari Ketua Pelaksana Methanol 2017 yang berasal dari prodi Analis Medis sendiri.

Pemenang dari Methanol 2017 adalah dari SMAN 1 PURI Mojokertisebagai juara pertama, SMA Katolik St.Louis Surabaya sebagai juara kedua, dan SMAN 1 SOKO Mojokerto sebagai juara ketiga. Hadiah yang diperoleh oleh pemenang adalah piala, sertifikat, dan uang senilai Rp1.000.000 untuk juara 1, Rp750.000 untuk juara 2, dan Rp350.000 untuk juara 3. Kami ucapkan selamat kepada para pemenang Methanol 2017. Demikianlah serangkaian acara Methanol 2017 dan tunggu kami HIMA Analis Medis pada Methanol 2018.


Penulis : Silfi Musdalifah Analis Medis 2015 dan Ayu Cahya S. I Analis Medis 2016